4 Tips Memilih Coffee Machine untuk Usaha

4 Tips Memilih Coffee Machine untuk Usaha

4 Tips Memilih Coffee Machine untuk Usaha

Minuman kopi semakin hari semakin banyak peminatnya. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang ini. Ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan, salah satunya adalah coffee machine. Namun sebelum memilihnya, simak tips berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin tersebut.

1. Perhatikan Kebutuhan

Saat Anda memutuskan untuk membuka usaha minuman kopi, tentukan terlebih dahulu usaha  jenis apa yang akan Anda buka. Apakah itu cafe, kedai, restoran atau lainnya? Pasalnya hal ini nanti juga berpengaruh pada jumlah pengunjung yang nantinya akan Anda layani. Apabila jumlah pengunjung lebih dari yang Anda perkirakan, bisa membuat Anda lebih bekerja keras melayaninya.

Tidak hanya itu saja. Pelayanan yang bagus juga merupakan aspek yang diharapkan oleh pelanggan. Oleh karena itu, pemilihan mesin yang berkualitas dapat membantu Anda dalam melayani para pelanggan Anda yang banyak. Tentu saja hal ini juga berpengaruh pada banyaknya volume sehari yang bisa dihasilkan oleh mesin itu sendiri. Pasti berbeda penggunaan untuk rumah dengan usaha bukan?

2. Volume Pembuatan Kopi Per Hari

Apabila Anda sudah memutuskan tipe seperti apa usaha Anda, selanjutnya Anda bisa memperkirakan berapa banyak volume pembuatan kopi per hari. Pada umumnya, untuk usaha kedai yang sehari dapat menghasilkan volume espresso 1-300 cangkir, lebih baik menggunakan mesin espresso single group. Pilihlah juga mesin yang memiliki fitur pengatur suhu digital dan double boiler.

Apabila Anda bisa memperkirakan volume pembuatan espresso bisa lebih dari 300 cangkir sehari, lebih baik Anda memilih mesin espresso commercial dual group. Pasalnya, mesin espresso dual group ini memiliki dua group head untuk membuat espresso sekaligus. Jadi, Anda bisa memproduksi kopi dengan cepat dan pelanggan Anda pun tidak merasa menunggu pesanannya terlalu lama.

3. Perhatikan Biaya

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasannya ada harga ada kualitas. Apabila Anda memiliki biaya atau budget yang berlebih, Anda bisa langsung berinvestasi dengan mesin yang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tentu saja hal ini ditujukan agar Anda tidak perlu menaikkan spesifikasi mesin yang lebih tinggi lagi.

Apabila Anda menginginkan mesin yang memiliki fitur pengatur suhu, tanyakan pada penjual mengenai hal itu dan perhatikan berapa biayanya. Pada dasarnya, mesin yang memiliki kualitas bagus hingga dapat menjaga kestabilan espresso, pasti memiliki harga yang lumayan tinggi. Oleh karena itu, perhatikan betul biaya dan spesifikasi mesin yang Anda inginkan untuk usaha.

4. Perhatikan Fitur

Apabila Anda ingin membeli mesin, perhatikan juga mengenai fitur yang diusungnya. Misalnya ada berapa boiler dalam mesin tersebut. Berapa liter kapasitas dari boiler. Berapa besar watt dari mesin kopi itu sendiri. Apakah mesin tersebut menggunakan pompa rotary atau vibration. Tersedia juga apa tidak steamer yang digunakan untuk membuat latte. Bagaimana sistem pemanasan airnya. Apakah ada pengaman elektrikal saat penggunaan.

Selain itu cek dan tanyakan juga kepada penjual mesin mengenai ketersediaan suku cadang mesin dan bagaimana after sales service dari mesin. Fitur-fitur tersebut patut Anda pahami betul sebelum membeli mesin. Oleh karena itu, saat berada di toko penjual mesin, sikap kritis dan jeli terhadap situs dan spesifikasi layak Anda ajukan kepada penjual.

Itulah beberapa tips memilih coffee machine sebelum Anda membuka usaha. Jangan malu dan merasa cerewet saat Anda menanyakan beberapa hal yang banyak kepada penjual. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh pada pelayanan dan proses bisnis yang nantinya Anda jalankan.

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *