Tips Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Tips Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Tips Cara Menjadi Mahasiswa BerprestasiSetiap mahasiswa yang ingin mendapatkan prestasi di Kampus Favorit di Sumut dan kampus-kampus lainnya tentu harus fokus pada dua jenis prestasi yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik yang tidak dapat dipisahkan. Mahasiswa akan dikatakan sempurna apabila mampu mendapatkan prestasi di bidang akademik dan non akademik.

Prestasi Akademik

  1. IPK tinggi

Salah satu patokan seseorang memiliki prestasi akademik yang sempurna yaitu mendapatkan IPK yang tinggi. IPK dijadikan sebagai salah satu tolak ukur untuk menilai kemampuan mahasiswa di bidang ilmu yang dipelajarinya selama kuliah. Belajar dengan giat dan selalu mengerjakan tugas menjadi salah satu cara untuk mendapatkan IPK tinggi namun terkadang beberapa dosen juga memberikan persyaratan seperti aktif di kelas, dan lainnya agar IPK dapat terbantu.

  1. Juara lomba sesuai jurusan.

Selain IPK, dengan memenangkan perlombaan yang berhubungan dengan bidang sesuai dengan jurusan yang diambil juga merupakan prestasi akademik. Untuk mendapatkan prestasi ini, mahasiswa harus aktif mengikuti perlombaan yang diadakan atau bisa dengan mengikuti organisasi yang fokus pada perlombaan dan juga memiliki unit aktivitas agar mahasiswa bisa mendapatkan informasi perlombaan yang jelas.

  1. Publikasi ilmiah

Sebagai mahasiswa, sudah sewajarnya memiliki kontribusi dalam penelitian dan publikasi karya ilmiah. Tidak perlu fokus pada jumlah karya ilmiah yang dipublikasi asalkan memiliki kualitas yang baik. Namun saat ini dalam program S1, S2 dan S3 juga sudah diwajibkan untuk menghasilkan karya ilmiah bahkan publikasi jurnal ilmiah juga menjadi salah satu syarat kelulusan.

Cobalah untuk membiasakan diri untuk belajar, melatih diri, dan membiasakan diri untuk menulis sebuah karya ilmiah. Kerjakan dengan sungguh-sungguh setiap diberikan tugas dan lakukan review segera setelah pelajaran selesai agar lebih paham dan tidak lupa. Dengan ini karya ilimiah akan lebih mudah dibuat karena sudah paham dengan materi yang selama ini dipelajari.

Jangan hanya menyontek tugas atau laporan yang diberikan oleh dosen. Cobalah terlebih dahulu untuk mengerjakannya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan pemahaman yang didapatkan. Apabila ada yang tidak dimengerti maka bisa diskusikan dengan dosen atau teman sekelas. Dengan ini maka mata kuliah akan lebih mudah dipahami dan mengurangi kendala saat pembuatan karya ilmiah.

Prestasi Non Akademik

  1. Juara lomba kegiatan mahasiswa

Jika menjuarai perlombaan sesuai bidang jurusan merupakan prestasi akademik maka pada prestasi non akademik bisa menjuarai lomba unit kegiatan mahasiswa. Contohnya dapat mengikuti lomba Pekan Olahraga Mahasiswa, lomba di bidang seni, dan lomba lainnya yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa.

  1. Aktif di organisasi mahasiswa

Aktif di organisasi mahasiswa juga merupakan salah satu prestasi non akademik yang penting. Dengan aktif di organisasi maka dapat mengasah kemampuan dan keterampilan serta mendapatkan pengalaman yang banyak. Apalagi jika mahasiswa tersebut mendapatkan peranan penting seperti menjadi ketua, sekretaris, dan lainnya yang penting dalam suatu organisasi.

  1. Pengabdian masyarakat

Prestasi non akademik lainnya yaitu aktif dalam mengikuti kegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Bentuk kegiatan sosial beragam dan terbagi menjadi berbagai bidang. Anda dapat bergabung dengan organisasi yang aktif dalam pengabdian masyarakat agar tidak ketinggalan informasi dan bisa selalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan.

Kampus terbaik juga dapat mempengaruhi prestasi seorang mahasiswa. Salah satu kampus terbaik di Sumut yaitu Universitas Medan Area (UMA) yang fokus pada pembelajaran mahasiswa dengan memberikan yang terbaik bahkan sering dilakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan akademik maupun non akademik.

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *