6 Makanan untuk Perkembangan Janin yang Wajib Bumil Konsumsi

6 Makanan untuk Perkembangan Janin yang Wajib Bumil Konsumsi

Meskipun ibu hamil kerap merasakan mual dan muntah pada 3 bulan pertama kehamilan, namun bukan berarti bumil berhenti mengatur asupan nutrisi makanan sehari-hari. Mengatur asupan gizi sangat penting terlebih pada usia awal kehamilan, karena janin baru mulai tumbuh sehingga memerlukan makanan untuk perkembangan janin yang bergizi tinggi.

Anda tentu pernah mendengar mitos ibu hamil yang wajib mengonsumsi makanan dua kali lipat lebih banyak. Padahal, mengonsumsi makanan dua kali lebih bergizi lah yang benar. Lantas apa saja makanan yang baik bagi perkembangan janin? Simak dalam artikel di bawah ini.

  1. Alpukat

Alpukat baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung beberapa nutrisi penting seperti kolin, folat, zat besi, kalium serta magnesium. Kolin yang terkandung dalam alpukat baik bagi perkembangan saraf serta otak janin, karena terdapat kasus dimana kekurangan kolin dapat menyebabkan kerusakan memori dan cacat tabung saraf.

  1. Asparagus

Sayuran yang satu ini juga kaya akan folat, sehingga dapat mengurangi risiko keguguran serta melindungi janin dari cacat tabung saraf. Asparagus juga mengandung antioksidan yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Tak hanya itu, kalsium yang terkandung dalam asparagus rupanya dapat membantu perkembangan tulang dan gigi bayi.

  1. Jeruk

Tak diragukan lagi, buah berwarna oranye ini tinggi folat dan vitamin C yang baik bagi ibu hamil dan janin. Vitamin C pada jeruk membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Sedangkan kandungan folatnya bermanfaat untuk mencegah cacat tabung syaraf.

  1. Kacang-Kacangan

Makanan untuk perkembangan janin selanjutnya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung seng, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko berat badan bayi rendah, prematur, hingga persalinan yang sulit. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan protein, kalsium, serat, dan zat besi yang baik untuk mencukupi asupan nutrisi bumil.

  1. Ikan Salmon

Salmon terkenal akan kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada dagingnya, sehingga tak heran ikan yang satu ini baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Salmon kaya akan asam lemak omega 3 dan protein yang baik bagi perkembangan janin, karena dapat membantu perkembangan mata, otak, serta berperan sebagai pemasok protein.

  1. Telur

Telur kaya akan nutrisi penting mulai dari vitamin A, vitamin D, hingga protein yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, kandungan zat besi dan asam folatnya dapat membantu memperkuat selaput ketuban, mengurangi risiko cacat lahir, serta menambah berat badan janin.

Makanan yang Wajib Dihindari Bumil

  • Kafein
  • Mayonaise, karena mayonaise mengandung telur mentah
  • Alkohol
  • Daging yang belum matang
  • Telur yang belum matang
  • Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi
  • Sushi
  • Daging hamburger atau hotdog yang tidak digoreng terlebih dahulu
  • Seafood yang mengandung merkuri tinggi, misalnya kerang

Itulah makanan untuk perkembangan janin yang direkomendasikan untuk bumil. Jika Anda alergi beberapa makanan diatas, berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi makanan pengganti merupakan pilihan yang tepat.

About the author

admin

View all posts