Cara Memotivasi Anak Agar Percaya Diri

Cara Memotivasi Anak Agar Percaya Diri

Anak akan mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan dengan cepat baik itu dalam berat badan, tinggi badan, kemampuan bahasa, kemampuan kognitif, kemampuan emosional dan juga kemampuan sosialnya. Dalam masa-masa ini juga anak akan belajar menjadi percaya diri namun tidak semua anak tidak memiliki rasa percaya diri tinggi. Di sinilah peran penting orang tua dalam mengajarkan cara memotivasi anak agar percaya diri.

Cara Mengajarkan Anak Agar Percaya Diri

Berikut terdapat beberapa cara dalam memberikan motivasi agar anak mandiri yaitu :

  1. Berikan pengertian bahwa anak itu berbeda

Si kecil akan mulai memikirkan dan memperhatikan orang lain pada saat ia berusia 4 tahun. Hal ini dapat memberikan dampak positif maupun negatif tergantung cara anak menanggapinya. Dampak positifnya anak lebih mudah bekerja sama, belajar berbagi, dan memiliki empati.

Namun anak akan cenderung membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Maka dari itu orang tua harus bisa memberikan pengertian agar tidak membandingkan dirinya dengan orang lain karena setiap orang itu berbeda.

  1. Ajarkan anak untuk lebih ekspresif

Setiap orang memiliki perasaan termasuk anak-anak namun mereka belum tahu bagaimana cara mengekspresikannya baik itu marah, sedih, senang, dan kecewa. Itu adalah hal yang normal. Ibu bisa mengajarkan anak untuk lebih ekspresif dalam menunjukkan perasaannya agar ia mampu memahami dan mengendalikan emosinya lebih baik.

  1. Berikan contoh yang baik

Cara memotivasi anak agar percaya diri yaitu dengan memberikan contoh yang baik. Hal ini karena si kecil pasti suka meniru orang lain selama masa pertumbuhannya maka dari itu orang tua yang selalu bersama dengan anak di rumah sebaiknya menjaga sikap dan memberikan contoh yang baik agar dapat ditiru dan dipelajari anak.

  1. Berikan rasa empati

Biasanya anak tidak ingin melakukan sesuatu karena takut dan juga belum mengerti. Ibu bisa bertanya apa yang ia takutkan. Setelah itu ibu bisa menjelaskan bahwa rasa takut itu hal yang wajar bahkan pernah dirasankan oleh anda sendiri. Setelah itu jelaskan dan ajarkan bagaimana cara melawan ketakutan tersebut.

  1. Berikan pujian

Saat anak melakukan suatu hal, pujilah dia karena keberanian dan kerja kerasnya tanpa peduli hasil akhirnya. Hargai usahanya meskipun gagal dan terus berikan dukungan saat anak ingin melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya. Dengan ini anak akan lebih percaya dengan orang tua dan dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Inilah cara memotivasi anak agar percaya diri yang bisa dicoba. Ibu bisa memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk mencegah gangguan pertumbuhan anak. Susu Nutrilon Royal dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian si kecil dengan kandungan ActiDuobio+, Omega 3, Omega 6, zat besi, dan DHA untuk meningkatkan kemampuan berpikir si kecil yang membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang positif.

Deskripsi : cara memotivasi anak agar percaya diri dapat dilakukan dengan beberapa cara serta dukungan bagi anak.

About the author

admin

View all posts