Destinasi Wisata Halal Prioritas di Indonesia

5 Daerah yang Menjadi Destinasi Wisata Halal Prioritas di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi wisata cukup besar. Keindahan wisata alam yang memukau mata dunia membuat Indonesia layak dikunjungi. Tak hanya Bali saja, ada beberapa daerah yang memiliki potensi wisata alam, budaya, kuliner, dan sejarah yang tak kalah menonjol. Jangan heran kalau Kemenpar giat mempromosikan wisata halal di mata dunia. Wisata halal dorong pertumbuhan hotel syariah yang berdampak pada sektor perekonomian Indonesia lebih baik.

Daftar Destinasi Wisata Halal di Indonesia

Traveling sudah menjadi bagian hidup masyarakat Milenial yang butuh hiburan, refreshing dan menunjukkan eksistensi. Jangan heran kalau pelancong yang datang ke Indonesia terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2030 mendatang, prediksi jumlah turis muslim di seluruh dunia bisa mencapai angka 230 juta jiwa. Demi memikat turis muslim datang ke Indonesia, berikut pengembangan 5 wisata halal prioritas 2019 yang wajib Anda ketahui.

  1. Lombok

Berbeda dengan Bali yang mendapat julukan Pulau Seribu Pura, maka Lombok mendapatkan julukan Pulau Seribu Masjid. Lombok yang masuk kawasan provinsi Nusa Tenggara Barat telah berturut-turut meraih predikat top pertama wisata halal Indonesia dengan skor 70. Tak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau saja, Lombok memiliki aksesibilitas, lingkungan, pelayanan, dan komunikasi yang baik.

  1. Aceh

Aceh merupakan salah satu provinsi istimewa yang memiliki hak otonomi daerah sendiri. Sebagai daerah yang mendapat julukan Serambi Mekkah, Aceh memiliki potensi wisata alam yang terbaik. Pantai-pantai cantik di Aceh sanggup menggoda minat para pelancong lokal dan mancanegara. Perkembangan wisata halal dorong pertumbuhan hotel syariah yang terus meningkatkan kualitas di provinsi paling barat Indonesia ini dan jika anda memerlukan hotel untuk menginap, anda bisa langsung membuka laman web https://numpangtidur.com, ada banyak kemudahan dan kenyamanan yang bisa anda dapatkan.

  1. Riau dan Kepulauan Riau

Wisata halal yang menjadi prioritas pemerintah Indonesia adalah Riau dan Kepulauan Riau. Keindahan alam berupa pulau yang masih alami, deretan pantai yang eksotis serta budaya yang memikat membuat Riau pantas masuk lima besar wisata halal prioritas Indonesia.

  1. Sumatera Barat

Pertumbuhan wisata halal Indonesia tidak bisa lepas dari provinsi Sumatera Barat. Provinsi Sumbar memiliki keunikan budaya dan potensi wisata alam yang sangat memukau mata turis. Sumatera Barat memiliki aturan yang ketat terkait regulasi syariah sehingga perkembangan hotel berbasis syariah sangat progresif.

  1. DKI Jakarta

Perkembangan wisata halal di Indonesia yang menawarkan fasilitas unggul adalah DKI Jakarta. Tidak hanya soal traveling, DKI Jakarta yang menjadi pusat bisnis dan hiburan sanggup menarik perhatian para pelancong lokal atau asing. Jangan heran kalau keberadaan hotel syariah di Jakarta semakin banyak. Kemudahan menginap baik untuk urusan traveling atau bisnis menjadi pertimbangan para tamu hotel syariah.

Selain 5 daerah wisata halal prioritas yang dikembangkan oleh Kemenpar, propinsi lain yang masuk program pengembangan antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Malang Raya (Jawa Timur), dan Sulawesi Selatan. Penilaian wisata halal terus ditingkatkan agar daerah-daerah potensial bisa menyediakan fasilitas yang mengutamakan kenyamanan pelancong. Wisata halal bisa membuat umat muslim yang hendak menginap atau menggunakan pelayanan publik bisa merasa aman dan nyaman.

Keberadaan wisata halal dorong pertumbuhan hotel syariah yang benar-benar sesuai regulasi. Tentu butuh proses mengelola manajemen hotel syariah yang sesuai dengan fatwa MUI nomor 108 tahun 2016. Proses sertifikasi hotel syariah membutuhkan kelengkapan administrasi dan peningkatan komitmen memberikan pelayanan yang sesuai ketentuan agama Islam, bukan sekadar embel-embel syariah semata, ya! Nah, apakah Anda sudah pernah berlibur dan menginap di top destinasi wisata halal prioritas di atas?

About the author

admin

View all posts