8 Jenis Makanan Sehat untuk Anak agar Aktif dan Pintar

8 Jenis Makanan Sehat untuk Anak agar Aktif dan Pintar

Asupan nutrisi untuk anak tentu harus diperhatikan sejak dini. Berilah makanan sehat untuk anak agar bisa tumbuh aktif dan pintar. Komposisi gizi lengkap dan seimbang setiap kali makan memang wajib diperhatikan. Anda bisa mengkreasikan makanan sehat tersebut agar si kecil tak mudah bosan. Inilah berbagai rekomendasi makanan sehat agar memenuhi standar gizi.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah menu wajib yang mampu menunjang kesehatan tubuh. Kandungan zat besi dalam sayuran hijau sangat tinggi dan berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Jika hemoglobin terbentuk sempurna, maka asupan oksigen ke seluruh tubuh akan mencukupi. Sirkulasi darah akan lancar dan sehat.

Sayuran hijau tua seperti bayam dan brokoli sangat direkomendasikan. Anda dapat memasaknya menjadi aneka sayuran sesuai selera anak. Jika dikonsumsi rutin setiap kali makan, maka kondisi kesehatan anak akan stabil.

  1. Wortel

Selain sayuran hijau tua, wortel juga sangat penting dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Kesehatan mata si kecil harus dioptimalkan sejak kecil dengan mengoptimalkan asupan vitamin A. Anda dapat membuatkan sup atau soto dengan tambahan wortel. Lauk berupa telur goreng dicampur wortel juga menarik.

  1. Telur

Telur mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan si kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Telur juga mengandung zeaxanthin dan lutein yang sangatlah baik menunjang kesehatan mata. Kandungan asam folat dan vitamin B12 di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan saraf. Beragam asam amino dan gangliosida mampu mengoptimalkan perkembangan otak.

  1. Ikan

Aneka jenis ikan juga penting untuk pertumbuhan si kecil. Anda dapat memberikan ikan salmon dan tuna yang kaya akan zat besi dan protein. Sarden dan minyak ikan juga dapat menunjang kebutuhan protein. Selain menunjang pertumbuhan fisik, mengonsumsi ikan akan menunjang pengoptimalan kecerdasan otak. Semua itu karena kandungan omega 3, DHA, dan AHA.

  1. Daging Merah dan Daging Ayam

Daging merah atau daging sapi dan daging ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat menunjang tumbuh kembang anak. Pembentukan ototnya terjamin. Selain itu, daging ayam mengandung tryptophan yang bermanfaat sebagai antidepresan. Fosfor berguna menjaga kesehatan tulang dan gigi.

  1. Olahan Kedelai

Kedelai dapat diolah menjadi tempe dan tahu yang menjadi asupan protein nabati. Si kecil akan tumbuh aktif dan cerdas dengan mengonsumsi tempe dan tahu sebagai lauk saat makan. Anda dapat mengkreasikan menunya agar anak tidak bosan. Zat besi di dalamnya juga akan melancarkan sirkulasi udara dan pernapasan karena berfungsi membentuk hemoglobin sempurna.

  1. Oatmeal dan Susu

Anda bisa memberikan oatmeal dan susu untuk si kecil saat sarapan. Menu sehat ini akan mencukupi kebutuhan magnesium, kalsium, protein, vitamin, serat, dan mineral lainnya. untuk varian susunya, Anda bisa memberikan susu putih atau susu cokelat.

  1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak karena di dalamnya terkandung vitamin dan mineral. Mengonsumsi buah yang mengandung air, seperti jeruk, pepaya, melon, dan semangka, sangat direkomendasikan karena membuat tubuh terhidrasi. Setiap kali memberikan buah untuk si kecil, pastikan kondisinya masih segar dan utuh agar higienis dan layak konsumsi.

Berbagai makanan sehat untuk anak di atas mengandung komposisi gizi yang lengkap dan seimbang untuk si kecil. Jadi, jangan biarkan anak kekurangan asupan nutrisi demi keoptimalan tumbuh kembangnya sesuai usia. Aturlah menu makannya dan alangkah baiknya berikan camilan sehat yaitu buah-buahan sebagai pola hidup sehat.

About the author

admin

View all posts