Tips Mengatasi Telinga Kucing Jamuran dengan Aman

Tips Mengatasi Telinga Kucing Jamuran dengan Aman

Salah satu hewan peliharaan paling favorit adalah kucing. Jika Anda salah satunya, sudah tahukah Anda tentang penyakit jamur telinga pada kucing? Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling utama adalah kurang menjaga kebersihan. Bagi Anda yang memiliki masalah telinga kucing jamuran, dibawah ini beberapa tips untuk mengatasinya.

Penyebab Munculnya Jamur Pada Telinga Kucing

Sebelum membahas mengenai tips untuk mengatasi telinga kucing yang jamuran, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang penyebabnya. Kucing yang memiliki pergaulan bebas, memiliki risiko terkena jamur kucing lebih besar. Hal tersebut dikarenakan jamur mudah sekali ditularkan dari satu kucing ke kucing lainnya.

Penyebabnya yang kedua adalah karena kurangnya menjaga kebersihan kucing. Bagian telinga sulit untuk bisa dijangkau oleh kucing, sehingga mereka (kucing) kesulitan untuk membersihkannya. Sebagai pemelihara yang baik, tentunya harus menjaga kebersihan kucing secara menyeluruh, agar tidak mudah terserang jamur.

Tips Mengatasi Jamur pada Telinga Kucing

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur pada telinga kucing. Anda bisa membersihkannya dengan obat luar ataupun obat dalam. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga kucing yang jamuran.

1. Shampoo Ketoconazole

Shampoo kucing biasa saja tidak cukup, Anda harus memberikan shampoo yang memiliki kandungan ketoconazole. Kandungan ini memiliki kekuatan dalam memberantas jamur pada telinga kucing. Anda cukup memberikannya 2 kali dalam seminggu, dan jika sudah terlihat menghilang Anda bisa menghentikan penggunaan shampoo ini.

2. Salep atau Beda

Kedua, Anda bisa memberikan salep atau bedak khusus untuk mengatasi penyakit pada kucing ini. Hal paling sulit dalam perawatan ini adalah menjaga agar si kucing tidak menjilatinya, Anda bisa menggunakan collar dan pastikan si kucing yang sakit tidak berinteraksi dengan kucing yang lain.

3. Dukung dengan Makanan yang Bergizi

Makanan memiliki pengaruh yang cukup besar pada kesehatan kulit. Pada masalah kulit seperti jamur ini, Anda bisa memberikan kucing makanan Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma. Makanan kucing yang satu ini memang diformulasikan secara khusus untuk membantu menjaga kulit kucing sehat.

Sehingga, masalah-masalah seperti jamur pada telinga kucing bisa dengan cepat teratasi. Dengan kandungan vitamin tinggi, mineral dan proteinnya, akan membantu mengontrol kulit dan juga membantu meminimalisir kerontokan pada bulu. Derma plus yang dimilikinya akan mengontrol pembentukan hairball dan dengan aman memperlancar proses melalui pencernaannya.

Itulah tadi beberapa tips dalam mengatasi telinga kucing jamuran. Jika, cara di atas masih belum berhasil, Anda bisa membawa kucing Anda ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penangan yang tepat. Untuk menemukan klinik kesehatan hewan, Anda bisa mengunjungi website Pro Plan, disana Anda akan diberikan secara lengkap tempat dokter hewan yang terdekat.

About the author

admin

View all posts