6 Jenis Makanan Berserat Tinggi untuk Anak

6 Jenis Makanan Berserat Tinggi untuk Anak

 Asupan serat bagi tubuh tidak hanya diperlukan untuk orang dewasa, tapi juga penting untuk pertumbuhan anak. Anak-anak merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah pencernaan seperti konstipasi akibat kurangnya asupan serat. Berikut ini 6 jenis makanan berserat tinggi untuk anak.

  1. Pop Corn

Berondong jagung atau popcorn  adalah makanan berserat tinggi yang sulit ditolak oleh anak karena biasanya dimakan saat menonton sebuah film atau saat sedang bersantai. Perlu diketahui, tiga mangkuk kecil popcorn mengandung 2 gram serat, sehingga baik untuk memenuhi asupan serat anak.

Anda bisa menambahkan bahan yang lebih sehat seperti minyak zaitun jika Anda khawatir popcorn mengandung gula yang terlalu tinggi. Sebaiknya, kurangi penggunaan pemanis seperti karamel agar gigi anak tidak rusak. Berikan popcorn pada anak yang sudah berusia di atas 4 tahun karena dikhawatirkan anak di bawah 4 tahun bisa tersedak.

  1. Nasi Merah

Perlu ibu ketahui nasi merah mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan nasi putih. Ibu bisa mengganti nasi putih untuk makanan anak Anda. Meskipun nasi merah lebih lama saat dimasak namun nasi merah memiliki rasa yang lebih enak dan unik sehingga bisa dimakan bersama makanan yang mengandung serat lainnya.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah bertekstur yang lembut dan creamy. Buah ini merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Dalam sebuah alpukat berukuran, terkandung serat sebanyak 7 gram. Anda bisa memberikan buah alpukat kepada buah hati secara langsung maupun mengolahnya dahulu menjadi berbagai minuman yang menyegarkan.

  1. Apel

Selain alpukat buah yang memiliki kandungan serat tinggi adalah buah apel. Ibu bisa menyajikan apel untuk memenuhi kebutuhan serat anak. Berikan anak salad buah berisi campuran apel, pir, pisang, dan taburan almond di atasnya untuk menu makanan yang lebih bervariasi. Satu buah apel berukuran sedang (sekitar 100 gram) mengandung 2,6 gram serat.

  1. Bayam dan Brokoli

Selain buah adapula sayur yaitu bayam, ada juga brokoli keduanya memiliki banyak nutrisi baik bagi anak. Tak hanya mengandung serat yang tinggi, sayuran berwarna hijau gelap tersebut juga kaya akan vitamin C. Brokoli rebus mengandung serat sebanyak 5 gram.

Bayam merupakan makanan sumber zat besi yang bagus untuk menambah sel darah merah dalam tubuh, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita anemia. Namun, tak hanya mengandung banyak zat besi, ternyata bayam juga mengandung serat yang tinggi. Bayam yang sudah dimasak mengandung serat 4 gram.

  1. Roti Gandum

Roti merupakan makanan yang disukai anak-anak karena mudah dicerna. Berikan roti gandum dalam menu sarapan anak. Roti gandum mengandung serat sebanyak 2 gram setiap irisannya. Tambahkan selain kacang atau coklat, sesuai selera anak agar anak lahap memakannya.

Nah, itulah beberapa jenis makanan berserat tinggi untuk anak. Masih ada berbagai pilihan yang bisa ibu coba untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak. Sebaiknya jangan paksakan anak untuk makan dalam jumlah besar karena akan memberikan beberapa efek samping seperti perut kembung.

About the author

admin

View all posts