Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Bintara

Jabatan Tingkatan Pangkat Polisi Golongan Bintara

Bintara merupakan golongan dari pangkat Bintara bersamaan dengan Bintara Tinggi. Di Indonesia, pangkat polisi Bintara lebih dikenal sebagai Brigadir di Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Sersan di TNI (Tentara Nasional Indonesia). Sedangkan pada negara-negara lain, Bintara setara dengan Non-commisioned officer atau Specialist.

Tingkatan Pangkat Polisi Bintara

  1. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi Kepala atau yang disingkat menjadi Bripka merupakan tingkat keempat dalam golongan Bintara di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Sersan Mayor atau Serma di TNI Militer. Tanda kepangkatan yang digunakan yaitu lambang empat buah segitiga berwarna perak yang disusun secara vertikal. Pada tahun 2000, Brigadir Polisi Kepala disebut sebagai Sersan Mayor Polisi terutama pada periode Juni hingga Desember.

  1. Brigadir Polisi (Brigpol)

Brigadir Polisi atau yang disingkat menjadi Brigpol merupakan tingkat ketiga dalam golongan Bintara di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Sersan Kepala atau Serka di TNI Militer. Tanda kepangkatan yang digunakan yaitu lambang tiga buah segitiga berwarna perak yang disusun secara vertikal. Brigadir Polisi disebut sebagai Sersan Kepala Polisi pada periode Juni 2000 hingga Desember 2000.

  1. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Satu atau yang disingkat menjadi Briptu merupakan tingkat kedua dalam golongan Bintara di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Sersan Satu atau Sertu pada TNI Militer. Tanda kepangkatan yang digunakan yaitu lambang dua buah segitiga berwarna perak yang disusun secara vertikal. Brigadir Polisi Satu disebut dengan Sersan Satu Polisi pada tahun 2000.

  1. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Banyak website menyebutkan bahwa Brigadir Polisi Dua atau yang disingkat menjadi Bripda merupakan tingkat satu dalam golongan Bintara di Kepolisian Republik Indonesia yang setara dengan Sersan Dua atau Serda pada TNI Militer. Tanda kepangkatan yang digunakan yaitu hanya menggunakan satu buah segitiga berwarna perak.

Pangkat polisi Bripda sebelum tahun 2000 disebut dengan Sersan Dua juga sama seperti TNI Militer namun pada tahun 2000 menjadi Sersan Dua Polisi dan saat ini lebih dikenal sebagai Bripda atau Brigadir Polisi Dua.

About the author

admin

View all posts