Tips Memilih Layanan Data Center

4 Tips Memilih Layanan Data Center

Pada era 4.0, internet merupakan salah satu penunjang dalam menjalankan bisnis. Peningkatan kemampuan pengolahan data diperlukan oleh pemilik usaha agar dapat dikenal dan mendapatkan awareness dari konsumen. Salah satu solusi untuk menunjang hal tersebut adalah dengan menggunakan data center Indonesia.

Data center lokal memberikan berbagai keuntungan. Salah satunya adalah kecepatan yang dapat diakses dalam negeri, terutama bagi pengunjung di Indonesia. Memilih layanan data center tentu akan lebih menguntungkan karena pengusaha tidak perlu memikirkan penyimpanan data dan lebih hemat daripada membuat sendiri. Dengan demikian, pengusaha dapat lebih fokus meningkatkan perusahaannya.

Memilih Layanan Data Center

Berikut adalah beberapa tips memilih data center yang ada di Indonesia:

1.     Aman

Data center merupakan tempat untuk penyimpanan data dengan aman. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pelayanan terhadap pusat data tersebut. Pilihlah pusat data yang telah terjamin keamanannya, salah satunya dengan pusat data yang memiliki sertifikat ISO 27001:2013 ISMS (Information Security Management System). Dengan demikian, keamanan data Anda akan lebih terjamin karena telah memenuhi standar.

2.     Lokasi yang Luas

Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas. Karena hal ini, peluang untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia sebenarnya sangat tinggi.

Agar Anda dapat menjangkau ke berbagai daerah, gunakanlah data center Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dari Timur hingga ke Barat. Dengan persebaran letak data center ini, maka Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan daerah letak data center tersebut.

Persebaran tempat data center ini memungkinkan untuk menjembatani dan memfasilitasi bisnis dengan skala besar, skala menengah, dan skala kecil. Data center yang tersedia di berbagai tempat akan lebih membantu usaha kecil mikro dan menengah di berbagai pelosok Nusantara.

3.     Penyediaan Fasilitas

Beberapa syarat yang dipenuhi oleh data center Indonesia adalah adanya hard disk drive, penyimpanan data baik secara internal dan eksternal, tape drives, dan beberapa penunjang lain seperti software untuk jaringan area penyimpanan (storage area networks), cloud, dan juga backup.

4.     Minim Risiko Downtime

Risiko yang dihadapi oleh pada pengusaha baik kecil maupun besar adalah mengenai kestabilan sistem. Risiko ini disebut dengan downtime, yaitu ketika sistem berhenti sesaat di waktu tertentu.

Meskipun durasinya rata-rata hanya sebentar, downtime dapat sangat merugikan bagi pelaku usaha. Memilih data center dengan infrastruktur yang baik adalah salah satunya. Downtime dapat terjadi karena banyak hal misalnya bencana baik dari manusia maupun siklus alam.

Dengan demikian, Anda akan lebih menghemat biaya untuk perusahaan karena fasilitas data center efektif dan minim risiko.

Mengelola data di data center Indonesia merupakan salah satu peluang yang sangat baik karena jangkauannya luas. Penggunaan internet di Indonesia setiap tahun terus meningkat dan diperkirakan akan naik hingga tiga kali lipat pada 2025. Selain itu, data center Indonesia menyesuaikan kondisi Indonesia dan juga akan lebih hemat biaya ketika menggunakan fasilitas di negeri sendiri.

About the author

admin

View all posts