Obat Penderita Diabetes Melitus Menurut Tipe Jenis Penyakitnya

Obat Penderita Diabetes Melitus Menurut Tipe Jenis Penyakitnya

Obat penderita diabetes bisa berupa suntikan atau tablet. Obat yang dikonsumsi ini mampu mengurangi kadar gula yang ada dalam tubuh. Penyebab diabetes melitus cukup beragam.

Bisa karena gaya hidup maupun faktor genetika dari orang tua. Penyakit ini masuk dalam golongan kronis atau berbahaya. Tidak sedikit penderita diabetes melitus yang berujung pada kematian.

Penyakit yang satu ini termasuk penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit yang satu ini timbul dengan terjadi kerusakan pada metabolisme tubuh.

Bagian yang diserang yaitu pankreas yang tidak lagi bisa menghasilkan insulin secara maksimal. Sehingga kerusakan pada pankreas memicu penumpukan gula darah.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Kadar gula darah yang tidak seimbang sebaiknya segera berikan penanganan yang tepat.

Hal ini bertujuan agar anda bisa menemukan obat dan penanganan yang tepat. Sehingga penderita diabetes bisa kembali pulih.

MacamMacam Obat Penderita Diabetes

Obat untuk penderita diabetes bermacam-macam. Semua tergantung dari keparahan gejala yang timbul. Ada dua jenis diabetes yaitu tipe 1 dan 2.

Pengobatan yang dilakukan mulai dari konsumsi obat tablet hingga suntik insulin. Pengobatan bisa dilakukan secara rutin dan mengganti pola hidup sehat.

Berikut ini ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk penderita diabetes melitus. Cara ini dilakukan untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi.

Terapi Insulin

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes melitus yaitu terapi insulin. Terapi ini merupakan jenis pengobatan yang berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah agar tetap dalam kondisi stabil.

Ada dua jenis terapi yang bisa dilakukan yaitu insulin efek lama dan insulin efek singkat. Terapi yang satu ini tersedia dengan beberapa alat, namun umumnya insulin suntik.

Ada beberapa jenis lainnya yaitu insulin pen, pompa, isap dan masih banyak jenis lainnya.

Obat Alternatif

Obat penderita diabetes melitus kedua yaitu dengan pengobatan alternatif. Anda bisa mengimbangi terapi tersebut dengan pengobatan alami.

Hal ini bertujuan agar pengobatan bisa berlangsung dengan maksimal. Anda bisa memperbaiki pola makan yang sehat. Rajin olahraga pun juga mampu mengurangi resiko penyakit ini semakin berkurang.

Lakukan secara rutin pengecekan gula darah perhari dan konsultasikan pada dokter. Hal ini bertujuan agar anda bisa selalu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Obat dari Dokter

Ada beberapa jenis obat yang disarankan oleh dokter untuk penderita diabetes. Apalagi bagi penderita diabetes tipe 2 biasanya menggunakan obat biquanid seperti metformina.

Kinerja obat penderita diabetes melitus ini mampu menurunkan glukosa yang diproduksi dalam hati. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan sensitivitas gula lebih mudah diolah oleh sel tubuh.

Setiap jenis obat diabetes memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita diabetes diantaranya Repaglinide, Nateglinide, Acarbose, Agonis, Gliptin, Pioglitazone, dan Sulfonilurea.

Melakukan Operasi

Jika cara mengobati diabetes diatas tidak berangsur membaik, ada cara lain yaitu operasi. Ada operasi untuk penderita diabetes meliputi operasi bariatrik, pankreas buatan, dan transplantasi pankreas.

Langkah ini menjadi langkah terakhir yang bisa ditempuh. Jika berbagai pengobatan sebelumnya tidak berhasil, sebaiknya segera lakukan operasi.

Konsultasikan pada dokter yang menangani diabetes melitus untuk penanganan penyakit tersebut. Sebab, dokter mengetahui hal terbaik yang harus anda lakukan.

Obat penderita diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hal ini bisa dilakukan menurut jenis tahap penyakit diabetes itu sendiri.

About the author

admin

View all posts