Fungsi Asuransi yang Harus Anda Ketahui

5 Fungsi Asuransi yang Harus Anda Ketahui

Ketika kita dihadapkan oleh sebuah pilihan dan kebutuhan menggunakan asuransi, disisi lain kita akan dituntut juga harus paham apa itu asuransi yang kita gunakan.

Kemudian bagaimana isi polisnya sampai dengan memahami fungsi dari asuransi itu seperti, bagaimana proses klaim asuransi,  sehingga semakin mantap dan tidak ada keraguan ketika membeli produk asuransi.

Artikel ini akan fokus membahas sedikit saja secara garis besar apa fungsi asuransi. Secara sederhana asuransi berfungsi sebagai pembagi kerugian yang ditimbulkan oleh satu atau dua orang bahkan lebih kemudian akan ditanggung oleh beberapa orang yang tergabung dalam produk asuransi tersebut.

Asas gotong royong dan saling membantu dalam konsep asuransi apapun jenisnya sangatlah kental.

Maka tidak heran, sampai sekarang perusahaan asuransi di dunia dan Indonesia jumlahnya semakin banyak dari yang senior sampai anak perusahaan baru bermunculan.

Jadi, fungsi asuransi adalah; sebuah sistem untuk menyebarkan risiko kepada beberapa orang yang diasuransikan terhadap risiko tersebut.

Secara singkat beberapa fungsi asuransi di bawah ini bisa anda jadikan tambahan referensi.

Fungsi asuransi secara umum

  1. Asuransi memberikan kepastian penuh secara menyeluruh

Asuransi memberikan kepastian pembayaran atau penanggungan kerugian di tengah ketidakpastian yang berlaku umum dalam masalah mengganti kerugian pemegang polis.

Dalam contoh kasus, anda membeli asuransi pendidikan kepada anak – anak anda. Ketika mereka sudah masuk kuliah, berapapun biaya yang dibutuhkan misalkan anda tidak perlu pusing dalam hal ini, semuanya akan diberikan jaminan kepastian biaya oleh pihak asuransi.

Kemudian dalam contoh kasus lain ketika anda menggunakan asuransi kecelakaan diri, asuransi mobil dan yang lain anda tidak akan pernah tahu kapan musibah akan menimpa anda dan berapa nilai materi yang harus anda keluarkan untuk memulihkan kembali di sini asuransi hadir memberikan semua jaminan itu.

Dengan kata lain, asuransi menghilangkan semua ketidakpastian ini dan terjamin diberikan kepastian pembayaran kerugian.

  1. Asuransi menyediakan perlindungan secara utuh

Kemudian fungsi kedua ini sudah sangat jelas, asuransi hadir sebagai garda terdepan yang akan memberikan perlindungan kepada semua pemegang polisnya.

Adanya kerugian materil dan nonmateril bisa menjadi bagian dalam proses perlindungan ini sesuai dengan isi polis yang sudah disepakati bersama.

Sama halnya dengan kerugian berupa materi, seperti kebakaran, kecelakaan kerja dan yang lainya anda akan mendapatkan sebuah cover secara maksimal.

  1. Fungsi asuransi sebagai asas gotong royong (pembagi risiko )

Semua orang yang sudah menggunakan asuransi ini sama – sama memiliki risiko yang tidak semuanya dengan porsi yang sama. Intinya dalam asuransi fungsi ini lebih ke sisi gotong royong dan mengusung asas manfaat.

Bisa jadi, dalam per seribu orang pemegang polis ada 10 orang yang membutuhkan pencairan premi maka sisanya berbagi atas dasar manajemen risiko ini dan berjalan terus menerus.

  1. Membantu meringankan kerugian materi total atau sebagian

Sudah menjadi rahasia umum, dalam beberapa kasus ada banyak orang yang tiba tiba mengalami kecelakaan kerja dengan sangat fatal sehingga sudah tidak bisa lagi bekerja secara biasa.

Di sini, asuransi hadir sebagai penanggung kerugian materi kepada semua pemegang preminya dengan cepat dan akurat.

  1. Membantu prekonomian bangsa dan efisiensi kerja

Banyak juga perusahaan asuransi yang bergerak dalam dunia moneter. Memutar uang nasabahnya dengan sangat rapi dan baik.

Ini akan sangat membantu dalam pengembangan UMKM sebuah negara khususnya dalam permodalan.

Di sisi lain, asuransi juga mengemban fungsi sebagai penenang bagi anggotanya dalam melaksanakan rutinitas kerja karena sudah ada jaminan sampai hari tua misalkan.

About the author

admin

View all posts